Friday 5 April 2019

Cara Merekam AyoDance Secara Fullscreen Dengan Bandicam


Halo, Kembali lagi bersama saya.
Kalau kalian pernah menonton video AyoDance (selain di channel saya), kebanyakan layarnya tidak menampilkan videonya secara penuh. Ya contohnya seperti ini.



Kalian mungkin bertanya kok video saya lagi? Karena saya pun dulu pernah mengalaminya ketika awal-awal membuat video AyoDance. Karena saya merasa kurang puas saya kemudian mencoba utak-atik software recordernya lalu akhirnya bisa menemukan settingan yang pas agar bisa full screen. Seperti contoh dibawah ini.




Umumnya saya biasanya punya 2 software recorder (hanya saja ketika ingin menggunakannya untuk record game, hanya bisa digunakan salah satu saja), yaitu Bandicam dan oCam. Tapi ditulisan kali ini kita hanya akan membahas caranya dengan Bandicam, untuk oCam mungkin akan dibahas ditulisan lainnya.



Sebelum mulai, pastikan AyoDance kalian dalam keadaan fullscreen.


Note : Pastikan kalian sudah menginstall software Bandicam dan usahakan sudah full version, karena jika versi trialnya hanya bisa merekam video maksimal 10 menit dan watermark bandicam yang "mengganggu" diatas video hasil record.

Saya akan membaginya jadi beberapa step agar lebih mudah dipahami.

Step 1 : Settingan untuk hasil recorder jadi fullscreen.


1.Buka Bandicam dan Klik tab Video dibagian kiri


2.Klik Settings(Maka akan muncul tampilannya seperti dibawah)




3.Pastikan memilih format MP4(format AVI sangat menghabiskan/boros kapasitas harddisk)
4.Pada bagian Size di tab Video, pilih resolusi 1280x720 atau 1920x1080(kuncinya adalah screen rationya, harus 16:9)


5.(Opsional) Atau kalian juga bisa custom sizenya dengan cara klik kotak sebelah size lalu pilih custom, lalu isi resolusinya sesuai resolusi monitor kalian (hanya saja ini menghilangkan screen rationya)


6.Klik Ok

Note : Ini hanya cara agar hasil recorder game (AyoDance) kalian bisa fullscreen. Untuk setting FPS dan Quality saya tidak melarang kalian mengikuti settingan saya, hanya saja saya menggunakan settingan maksimal jadi kalau spesifikasi kalian tidak terlalu tinggi, saya anjurkan turunkan settingan FPS dan Quality yang kira-kira cocok untuk spesifikasi kalian. Jika kalian memaksa settingan maksimal yang tidak cocok dengan spesifikasi kalian, kalian akan mengalami FPS drop saat melakukan recording di dalam game (AyoDance).

Step 2 : Memilih hotkey agar recording bisa on/off saat di dalam AyoDance.

1.Klik Tab Video dibagian kiri
2.Pastikan Command "Record/Stop Hotkey" sudah dalam keadaan ceklis (jika belum, klik kotak kosong di kiri command tersebut agar berubah menjadi ceklis)


3.Klik kotak panjang di kanan Command tersebut, lalu tekan tombol apapun di keyboard untuk menjadi hotkey perintah recording di dalam AyoDance (misal kalian pilih F5 maka untuk memulai recording dalam AyoDance, tekan tombol F5, begitu juga ingin saat recording, tekan tombol yang sama)

Note : Saya rekomendasikan hotkey perintah untuk recording adalah F5 F6 F7 atau F8 (pilih salah satu saja). Memang di dalam AyoDance, itu adalah hotkey perintah macro chat yang diatur dalam messenger, tapi tentu kalian bisa mengosongkanya agar saat ingin recording kalian tidak mengeluarkan macro chat.



Step 3 : Memilih tempat penyimpanan hasil recording

1.Klik tab General dibagian kiri


2.Pada bagian Output folder, klik kotak berisi titik (...) di bagian kanan, lalu pilih lokasi
Drive/Folder yang ingin dijadikan tempat untuk menyimpan hasil recording.

Note : Pilih Harddisk dengan storage partisi yang luas, karena ukuran video bisa memakan Megabyte sampai Gigabyte.

Step 4 : Menampilkan FPS

Note : Umumnya setiap software recording punya penampil FPS tersendiri agar kita bisa tahu kalau misalnya terjadi FPS drop saat recording.

1.Klik Tab FPS dibagian kiri
2.Pastikan Command "Show/Hide Hotkey dan Show FPS Overlay" sudah dalam keadaan ceklis (jika belum, klik kotak kosong di kiri command tersebut agar berubah menjadi ceklis)


3.Klik kotak panjang di kanan Command "Show/Hide Hotkey", lalu tekan tombol apapun di keyboard untuk menjadi hotkey perintah menampilkan/menghilangkan FPS di dalam AyoDance (contohnya mirip No.3 di step 2).

Note : Umumnya FPS dari Bandicam otomatis langsung aktif begitu kita membuka game (AyoDance) selama Bandicam juga aktif.

Step 5 : Melakukan recording di AyoDance

Sepertinya sudah waktunya melakukan praktek setelah melalui step-step persiapan.

Langsung saja caranya. 

1.Buka Bandicam dan pastikan dalam keadaan aktif (tapi kalian boleh minimaze Bandicamnya)
2.Buka AyoDance
3.Pastikan FPS dari Bandicam aktif saat kalian bermain AyoDance (jika belum, lihat step 4)
4.Jika ada angka hijau di pojok kiri atas saat kalian bermain AyoDance, artinya Bandicam berhasil "membaca" AyoDance kalian


5.Tekan hotkey perintah yang kalian setting di step 2 tadi untuk melakukan recording
6.Jika angka hijau berubah menjadi merah, artinya kalian berhasil melakukan recording dan sedang melakukan recording


7.Jika ingin menghentikan recording, tekan hotkey perintah yang kalian setting di step 2 tadi(intinya sama seperti no.5)

Note : Saat recording, ada kemungkinan FPS akan drop, tapi setelah beberapa detik kemudian akan naik kembali. Jika FPS tidak naik, atur kembali settingan FPS dan Quality yang ada di step 1.

Step 6 : Melihat hasil recording

1.Buka kembali Bandicam(jika kalian minimize)
2.Klik tab General dibagian kiri


3.Pada bagian Output folder, klik kotak "Open" di bagian kanan untuk melihat hasil recording kalian

Alasan saya membuat guide dan tutorial ini adalah karena dikolom komentar video, cukup banyak pertanyaan "Kenapa AyoDancenya bisa fullscreen?" jadi karena itulah saya membuat guide dan tutorial ini secara rinci agar kalian lebih paham (walaupun terkesan agak berbelit-belit, hahaha).

Sekian tulisan guide dan tutorial ini, semoga bermanfaat dan bisa menjawab pertanyaan kalian.
Sampai jumpa pada tulisan berikutnya.

No comments:

Post a Comment