Tuesday 9 April 2019

Mengenal Mission/Big Game di AyoDance

Halo, Kembali lagi bersama saya.
Kali ini saya akan membahas sebuah mekanisme mode yang sudah setahun terakhir saya gandrungi, yaitu Mission.

Mission adalah sebuah mekanisme dimana kita harus menyelesaikan sebuah perintah/misi yang diberikan secara acak dalam permainan, ya tentu saja ada hadiahnya bila kita berhasil menyelesaikannya.


Mekanisme ini sebenarnya sudah sejak dulu (lebih tepatnya sejak audi pertama kali ada), tapi dulu namanya adalah Big Game. Lalu seiring berjalannya waktu mekanisme ini mengalami update 2 kali.

Update pertama terjadi sekitar 2009 atau 2010 dan mekanismenya manjadi Mission (namun masih bisa disebut Big Game juga). Ini video tampilan Mission update pertama.



Update pertama selain menyangkut perubahan nama menjadi Mission, lalu juga penambahan mode untuk mekanisme Mission, yaitu Normal, Beat Up, One-Two Party, Beat Rush, dan Hidden. Dan juga presentase progress kalian berapa persen kalian menyelesaikan Mission dalam Mission Book. Ini adalah tampilan Mission book saat update pertama.


Update kedua terjadi saat 2017. Update ini menambahkan sistem poin dan grade dalam Mission. Ini video tampilan Mission update kedua.





Update kedua tadi saya sebut ada penambahan poin. Ya, diupdate ini, setiap kali kita berhasil menyelesaikan suatu Mission, kita akan mendapatkan poin. Selain poin, ada juga grade. Grade adalah progress sejauh apa kita dalam menyelesaikan Mission. Grade ini memliki 5 tingkatan, yaitu Standard, Silver, Gold, Platinum, dan Diamond. Untuk menaikkan grade, kita perlu poin yang kita dapatkan dari setiap misi yang kita selesaikan. Ini adalah tampilan Mission book saat update kedua.


Kalian mungkin bertanya, apa ada perubahan mekanisme Mission dalam update pertama ke update kedua? Jawabannya adalah ada. Perubahannya adalah saat play (maksudnya ketika play lalu mendapatkan Missionnya).

Diupdate pertama ketika kita mendapatkan Mission, ambil contoh N50 yaitu All Cool, maka pemain lain akan mendapatkan Mission yang sama juga (N50 All Cool).

Diupdate kedua ketika kita mendapatkan Mission, ambil contoh N50 yaitu All Cool, maka pemain lain akan mendapatkan Mission yang berbeda (bisa saja pemain lain mendapatkan Mission lain contoh N25 No Bad, No Miss. atau N24 1/2 No Great. dll). Memang masih ada kemungkinan pemain lain bisa mendapat mission yang sama dengan kita, tapi mengingat jumlah Mission normal ada 81, jadi agak kecil kemungkinannya.

Untuk memunculkan Big Game/Mission, kalian harus bermain dengan minimal dengan 4 orang dengan lagu random alias acak (lagu random/acak adalah syarat mutlak). Dan itupun terkadang Mission/Big Game tidak selalu muncul, jadi kalian harus sabar kalau berniat mencari Mission.

Note : Dalam keadaan tertentu, saya pernah mengalami dimana Mission/Big Game bisa muncul meski jumlah pemain hanya 2 atau 3. Seperti video dibawah ini.



Note : Saya tidak merekomendasikan kalian mencari Mission dengan hanya 2 atau 3 orang, karena menurut saya presentase munculnya Mission/Big Game sangat rendah dengan hanya 2 atau 3 orang, meskipun tetap ada.

Oh iya, hampir lupa kasih cara buka Mission Book.
Jika saat kalian di lobby.

1.Klik Menu yang ada di bagian kanan karakter kalian
2.Klik Logo M


Jika saat kalian di room.

1.Tekan F10
(lah gampang amat, hahaha)

Kali ini saya akan jelaskan apa saja isi dalam Mission Book.


1.Presentase berapa persen Mission yang sudah kalian selesaikan
2.Angka kiri : jumlah poin yang sudah kalian dapatkan, Angka kanan : jumlah poin yang kalian butuhkan untuk menaikkan Grade.
3.Grade kalian saat ini
4.Mission yang sudah kalian dapatkan dan berhasil kalian selesaikan
5.Mission yang sudah kalian dapatkan tapi kalian gagal menyelesaikannya
6.Mission yang belum kalian dapatkan

Kalian juga bisa melihat Poin dan Grade Mission kalian di dalam room.

1.Klik Kanan lalu Pilih Informasi Dancer
2.Arahkan Mouse ke Bar yang ada ditengah

Sebenarnya masih ada bahasan 1 lagi yaitu Mark (logo) Mission, tapi saya tidak membahasnya karena fungsinya sebatas untuk memamerkan progress persenan dan Grade Mission kalian saja (ya Mark rata-rata hanya untuk pamer saja kan, hahaha).

Sepertinya ini saja yang bisa saya sampaikan mengenai Mission/Big Game, karena masih pengenalan, saya belum akan membahas hal-hal yang lebih kompleks. Kedepannya saya akan membahas semua misi disetiap mode dan tips untuk menyelesaikannya.

Sekian tulisan pengenalan ini, semoga bermanfaat.
Sampai jumpa pada tulisan berikutnya.

No comments:

Post a Comment