Friday 29 March 2019

Cara Mengatasi Key Freeze di AyoDance

Halo, Kembali lagi bersama saya.
Mungkin kali ini tulisan saya akan sedikit mirip curhat.

Mungkin sebagian dari kalian ada yang pernah mengalami (seperti saya), dan ada juga yang tidak pernah mengalaminya.

Apa itu Key Freeze?
Key Freeze adalah suatu bug/kondisi dimana keynote yang kita tekan tidak akan berubah warnanya menjadi hijau (4d) atau oranye (8d) meskipun kita sudah menekan sesuai arah yang benar.
Bukankah sangat menjengkelkan kalau kita sudah yakin menekan arahnya dengan benar tapi ternyata warna keynotenya tidak berubah alias tetap biru?
(alhasil ya pasti miss, hahaha).

Key Freeze ini berbeda dengan Freeze biasa/delay yang biasanya terjadi ketika ingin spasi atau ctrl, yang biasanya menyebabkan gagal pf atau malah miss (itu sih pengaruh spek sama koneksi sob).





Bug ini pertama kali terjadi sekitar pertengahan 2018, saat itu saya pikir semua pemain mengalaminya, tapi ternyata hanya sebagian yang kena (termasuk saya).
Yang menjengkelkan juga adalah bug ini masih terjadi hingga sekarang dan sifatnya adalah kambuhan yang artinya bisa muncul kapan saja.
Dulu (sebelum saya menemukan solusi ini) satu-satunya cara agar terlepas dari "penyakit" ini adalah relog, tapi seperti yang saya sebutkan diatas tadi, "penyakit" ini masih ada hingga sekarang dan kambuhan, sehingga habis relog pun "penyakit" ini bisa muncul kembali, dan relog berkali-kali tentu sangat merepotkan.
Saya bahkan pernah mengira ini karena audi saya yang rusak, makanya saya sempat install ulang, tapi nyatanya sama aja (saya juga sempat pensi 1 bulan dengan harapannya bugnya diperbaiki di patch tapi ternyata belum diperbaiki hingga sekarang, hahaha).
Saya mencari solusinya diberbagai situs/blog, tapi ternyata tidak ada yang membahasnya (mungkin mereka cukup beruntung tidak pernah mengalaminya).


Note : Cara ini hanya alternatif menghilangkan Key Freeze tanpa harus relog, dan karena ini kambuhan kalian harus ulangi stepnya kalau kena lagi.


Langsung saja caranya.

1.Pastikan kalian memiliki item Smileys (kalau belum bisa beli dengan harga 100000 den).



2.Saat kalian merasa keynote kalian tidak berubah warnanya (ingat, ini bisa terjadi kapan saja), segera ketik /ETC lalu enter.
3.(Opsional) Jika kembali kambuh ulangi step ke 2.

Note : Saya hampir lupa bilang kalau ini terjadi saat mode normal, untuk mode lainnya saya sendiri tidak yakin apakah Key Freeze juga bisa terjadi atau tidak.


Lho, bukannya itu kode face standar? Memang, tapi percayalah ini cara yang mempan untuk membuat keynote kalian lancar kembali.
Tapi seperti yang dibilang tadi, ini hanya alternatif daripada kalian harus selalu relog.
Dan yang lebih disayangkan cara ini tidak bersifat permanen, seperti yang sudah disebutkan, bug ini sifatnya kambuhan dan munculnya bisa kapan saja.
Saya berharap GM AyoDance & Megaxus segera memperbaiki bug ini, karena jujur sangat menjengkelkan.

Sekian tulisan saya yang mungkin tidak banyak yang mengalaminya, tapi buat yang pernah mengalaminya, semoga solusi ini bisa membantu.
Sampai jumpa pada tulisan berikutnya.

No comments:

Post a Comment